Peran Guru Bimbel Dalam Pendidikan Karakter Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Kampungbaru, Tanjunganom, Nganjuk

Authors

  • Sulih Lucky Virgianti Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur
  • Agus Miftakus Surur Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.70

Keywords:

The Role of Tutoring Teacher, Character Education, Covid-19 Pandemic Period

Abstract

Penelitian ini mengusung judul tentang “Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Anak pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Kampungbaru, Tanjunganom, Nganjuk”. Penelitian ini memiliki tujuan yakni dapat mengembangkan serta menanamkan pendidikan karakter kepada anak yakng saat ini semakin hari semakin memudar karena terkikis oleh peradapan zaman yang samakin maju. Penanaman pendidikan karakter kepada anak diharapkan untuk dapat mengembangkan nilai-nilai yang positif dan dapat membentuk kepribadian anak menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan metode penelitian Asset Based Community Development (ABCD). Dalam pelaksanaan penelitian ini ditemukan bahwasanya perilaku atau tindakan yang dilakukan secara terus menerus dan dilakukan secara berulang-ulang akan menghasilkan hasil yang baik. Pendidikan karakter yang dilakukan oleh guru bimbel “Smart House”memberikan hasil yang baik untuk membentuk kepribadian anak secara permanen.

This research carries the title about “The Role of Teachers in Children's Character Education During the Pandemic Covid-19 in the Village Kampungbaru, Tanjunganom, Nagnjuk”. This study aims to be able to develop and instill character education in children who are currently fading due to being eroded by an increasingly advanced civilization. Instilling character education in children is expected to be able to develop positive values ​​and can shape the child's personality for the better. This study uses a qualitative approach with research methods Asset Based Community Development (ABCD). In the implementation of this research, it was found that behavior or actions that are carried out continuously and are carried out repeatedly will produce good results. Character education is carried out by tutors “Smart House” give good results to shape the child's personality permanently.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S. (2015). Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar (Ed. 1). Deepublish.

Almansyur, M. D. G. dan F. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Media.

Aminullah, dkk. (2021). Proses Pembelajaran Selama Masa Pandami Covid 19 (Studi KasusPelaksanaan PLP Dasar. Muspul Journal of Community Empowerment, 3(1).

Halid Hanafi, Dkk. (2018). Ilmu Pendidikan Islam (1 ed.). Deepublish.

Imam Mawardi, dkk. (2021). Pendampingan Belajar di Rumah Berbasis Karakter dengan Nilai-Nilai Religius pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Terapan Abdimas, 6(2).

Imam Suwardi Wibowo dan Ririn Farnisa. (2018). Hubungan Peran Guru dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Genatala Pendidikan Dasar, 3(2). http://online-journal.unja.ac.id/index.php/gentala

Irinna Aulia Nafrin dan Hudaidah. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Panemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2). http://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Kirom, A. (2017). Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1). http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai

Nancy Florida Siagian, dkk. (t.t.). Guru dan Perubahan: Peran Guru di Dunia Pendidikan dan Pembenagunan Sumber Daya Manusia. Global Aksara Pres. https://www.google.co.id/books/edition/GURU_DAN_PERUBAHAN/xNAxEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=peran+guru&printsec=frontcover

Nella Agustin, dkk. (2021). Peran Guru Membentuk Karakter Siswa (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar). UAD Press.

Neoloka, A. N. dan G. A. A. (2017). Landasan Pendidikan (1 ed.). Kencana.

Nurul Amelia Sofianti. (2020). Peran Bimbingan Belajar Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas II di SDIT Assalam Pasirandu Curug Tangerang. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(1). http://e-journal.stit-islamic-village.ac.id/index.php/JM2PI

Nurul Mahmudah dan Supiah. (2018). Pemberdayaan Pada Anak-Anak Gang Dolly di SMA Artaktika Surabaya dengan Metode Asset Based Community Development. Madani, 1(1). http://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/md

Oktaviani Dwi Saputri dan Rahmawati. (2019). Peran Guru dalam Memberikan Pelajaran Tambahan (LES) Bagi Peserta Dididk di Luar jam Pelajaran Sekolah Sebagai Wujud Implementasi Pengapdian Kepada Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Paramita, R. wijayanti D. (2015). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Stie Widya Game Lumajang.

Ridwan Abdullah S. dan M. Kadri. (2016). Pendidikan Karakter: Pengembangan Karakter Anak yang Islami (Cet-1). Bumi Aksara.

Siti Maemunawati dan Muhammad Arif. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode, dan Media Pembelajaran: Starategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Penerbit 3M Media Karya Serang. https://www.google.co.id/books/edition/Peran_Guru_Orang_Tua_Metode_dan_Media_Pe/hJcFEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=peran+guru&printsec=frontcover

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kualitatif, Kuantitatif dan Penelitian. Kencana.

Zein, Muh. (2016). Peran Guru dalam Pengembangan Pelajaran. 5(2).

Zen, S. dan Z. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (1 ed.). Kencana.

Downloads

Published

2021-12-20

How to Cite

Virgianti, Sulih Lucky, and Agus Miftakus Surur. 2021. “Peran Guru Bimbel Dalam Pendidikan Karakter Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Kampungbaru, Tanjunganom, Nganjuk”. Fenomena 20 (2):297 - 310. https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.70.

Issue

Section

Articles