Implementasi Reward Dan Punishment Terhadap Peningkatan Kosa Kata Bahasa Inggris Di Bintana Research And Literacy Shelter Indonesia

Authors

  • Zaenol Abidin Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember
  • Gina Romadhona Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember
  • Vera Yuli Andini Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember
  • Muhammad Faiz Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.62

Keywords:

Metode, reward dan punishment, kosa kata dan bahasa Inggris., Method, Reward and Punishment, Vocabulary, English

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode reward dan punishment dalam peningkatan kosa kata bahasa Inggris serta menggali informasi mengenai kelebihan dan kekurangan metode reward dan punishment. Metode penelitian dalam kajian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mendapati bahwa penguasaan kosa kata bahasa Inggris peserta didik meningkat. Selain itu tingkat keyakinan dan kepuasan siswa dalam proses pembelajaran semakin baik. Praktik pemberian reward dan punishment disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Reward berupa hadiah kerajinan tangan, pujian, dan nilai. Sedangkan punishment berupa pengulangan materi dan tidak mendapatkan hadiah. Kelebihan dari metode ini adalah menumbuhkan rasa kompetitif dan memotivasi belajar secara maksimal. Sedangkan kekurangan dari metode ini berupa biaya yang harus disiapkan untuk memberikan hadiah serta terfokuskan pada siswa yang aktif saja, sebaliknya menjadi beban bagi siswa yang malas dan memiliki mental yang lemah.

The purpose of this study is to describe the application of the reward and punishment method in increasing English vocabulary and to explore information about the advantages and disadvantages of the reward and punishment method. The research method in this study is a descriptive method. Data collection techniques were carried out by observation, interviews, and documentation. The results of this study found that mastery of English vocabulary increased. In addition, the level of confidence and student satisfaction in the learning process is getting better. The practice of giving rewards and punishments is adjusted to the needs of students. Rewards are in the form of handicraft gifts, praise, and grades. While punishment is in the form of repetition of material and not getting a prize. The advantage of this method is that it fosters a sense of competitiveness and motivates maximum learning. While the drawbacks of this method are in the form of costs that must be prepared for gifts and focus on only active students, on the contrary it becomes a burden for students who are lazy and have weak mentality.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anshari, Hofi. Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1993.

Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Asmawati, Maisah, dkk, “Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Muatan PPKN Kelas IV SDN Pemepek Kecamatan Pringgarata Tahun Ajaran 2020/2021”, Jurnal Inovasi Penelitian, Universitas Mataram, 2020.

Ima Melinda, Ratnawai Susanto, “Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi belajar Siswa”, International Jurnal of Elementary Education, 2018.

Kusyairy, Umi, Sulkipli, meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pemberian reward and punishment Volume. 6 No. 2, September 2018

Liyana, Astien, dan Kurniawan, Mozes. “Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5- 6 Tahun”, 2019.

Nursapiah, Penelitian Kualitatif, Sumatera Utara: Wal Ashri Publishing, 2020.

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Sujana, Nana. Penelitian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2005.

Sutikno, M. S. Belajar dan Pembelajaran, Prospect. Bandung. 2009.

Syaiful Rizal, Hasan, “Hakikat Bahasa dan budaya Melalui Tinjauan Tafsir Al- Qur’an Surat Al- Baqarah: 31- 33, Ar Rahman: 1-4, dan Yusuf: 2”, 2021.

Yunus dan Hasyim Fanirin, Moch., “Penerapan Metode Reward and Punishment dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Kelas IV Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Haurkolot, Indramayu”, Jurnal Pendidikan Indonesia, Institut Agama Islam Al Zaytun Indonesia, 2021.

Downloads

Published

2021-09-25

How to Cite

Abidin, Zaenol, Gina Romadhona, Vera Yuli Andini, and Muhammad Faiz. 2021. “Implementasi Reward Dan Punishment Terhadap Peningkatan Kosa Kata Bahasa Inggris Di Bintana Research And Literacy Shelter Indonesia”. Fenomena 20 (2):233 -48. https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.62.

Issue

Section

Articles