Efektivitas Bahan Ajar E-Modul Interaktif Berbasis Android Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Lingkaran Kelas VI SD

Authors

  • Makmun Murod Magister Pendidikan Dasar, Universitas Muria Kudus
  • Slamet Utomo Magister Pendidikan Dasar, Universitas Muria Kudus
  • Sri Utaminingsih Magister Pendidikan Dasar, Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.61

Keywords:

e-modul interaktif, hasil belajar, Matematika, Interactive e-modules, Learning outcomes, Mathematics

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VI  pada pembelajaran Matematika materi konsep lingkaran. Faktor-faktor yang menyebabkan hasil belajar Matematika masih rendah salah satunya adalah masih kurangnya penggunaan bahan ajar yang menarik dan menunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektivitas bahan ajar Matematika e-modul interaktif berbasis android untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI Sekolah Dasar di Kabupaten Demak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes tetulis. Instrumen penelitian berupa tes. Sampel penelitian ini dilakukan dengan purpose sampling. Analisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian adalah bahan ajar Matematika  e-modul interaktif berbasis android cukup efektif  untuk  meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI  tentang konsep lingkaran  dengan nilai t-hitung 30,926  sedangkan t-tabel sebesar 1,9765   maka t-hitung >  t-tabel atau 30.926   >  1,9765.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alismail, H. A., & McGuire, P., 21st Century Standards and Curriculum: Current Research and Practice. Journal of Education and Practice, 6(6) 2015.

Cheng, S. F., Application of Creative Teaching. Hu Li Za Zhi The Journal of Nursing, 65(6) 2018, 4, https://doi.org/10.6224/JN.201812_65(6).01.

Daryanto dan Dwicahyono, Pengembangan Perangkat Pembelajaran. (Silabus, RPP, PHB Bahan Ajar), (Yogyakarta: Gava Media, 2014).

Daryanto, Menyusun modul, bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar (Yogyakara: Penerbit Gava Media, 2013).

Daryanto, Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 (Yogyakarta: Gava Media, 2014).

Desyandri & Vernanda, D. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Identifikasi Masalah. Dalam Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah 4, 2017.

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar (Bandung: Pustaka Setia, 2011).

Kariadinata, R., Kemampuan visualisasi geometri spasial siswa Madrasah Aliyah Negeri kelas X melalui sioftware pembelajaran mandiri. Jurnal Edukasi Matematika, 1 (2) 2010.

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009).

Munadi, Yudhi, Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru (Jakarta: Referensi, 2013).

Prastowo, Andi, Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif: Menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan (Yogyakarta: DIVA Press, 2012).

Prastowo, Andi, Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Tinjauan Teoretis dan Praktis (Yogjakarta: DI-VA Press, 2014).

Sugianto, Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. INVOTEC, Volume IX, No. 2, Agustus 2013: 101-116. https://ejournal.upi.edu/ in-dex.php/invotec/article/viewFile/4860/3399

Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), (Bandung: Alfabeta, 2016).

Ula, I. R., & Fadila, A., Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development Sys-tem Pokok Bahasan Pola Bilangan SMP. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2) 2018, 201-207. SSN: 2613-9073, Online ISSN: 2613-9081

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D., Pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi kvisoft flip-book maker materi himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2) 2018, 147-156. ISSN: 2613-9073

Wiyani, Novan Ardy, Manajemen Kelas (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013).

Downloads

Published

2021-09-18

How to Cite

Murod, Makmun, Slamet Utomo, and Sri Utaminingsih. 2021. “Efektivitas Bahan Ajar E-Modul Interaktif Berbasis Android Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Lingkaran Kelas VI SD ”. Fenomena 20 (2):219 -32. https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.61.

Issue

Section

Articles