TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA MEKANISME PENJUALAN BIBIT IKAN LELE SISTEM TIMBANGAN (Islamic Business Ethics Analysis in The Selling Mechanism of the Juvenile Catfish Weights System)

Authors

  • Arif Zunaidi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Elisa Fitri Febriani Institut Agama slam Negeri (IAIN) Kediri
  • Jamaludin A Khalik Institut Agama slam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.54

Keywords:

Islamic business ethics, buying and selling, buying and selling of the weighing system, Etika Bisnis Islam, Jual Beli, jual beli sistem timbangan

Abstract

Usaha budidaya ikan lele saat ini semakin variatif. sejalan dengan kemajuan zaman dan teknologi, prinsipnya cenderung menggunakan lahan seminimal mungkin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam praktiknya, ada model jual beli bibit lele yang menggunakan timbangan. Penelitian mengunakan metode kualitatif dengan metode observasi untuk melihat fakta yang terjadi di lapangan. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan menggunakan metode analisis penelitian deskriptif. Tujuan Penelitian untuk megetahui bagaimana praktik jual beli bibit ikan lele sistem timbangan dalam perspektif Etika Bisnis Islam. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Praktik jual beli bibit ikan lele yang terjadi di Dusun Tawang ini jika dilihat dari segi ketauhidan sebenarnya telah memenuhi rukun dan syarat dalam jual beli. Dalam kaitannnya dengan etika bisnis islampun tidak ada pelanggaran berat. Namun dalam prosesnya masih ada kecurangan yang dilakukan pembeli yaitu menimbang dengan tidak adil. Selebihnya sudah sesuai dengan etika bisnis islam.

Catfish farming is currently increasingly varied. In line with the advancement of times and technology, the principle tends to use as little land as possible in order to get maximum results. In practice, there is a model for selling catfish seeds that uses scales. This research uses qualitative methods with observational methods to see the facts that occur in the field. The collected data were analyzed using descriptive research analysis method. The research objective was to find out how to practice selling catfish seeds with a weighing system in the perspective of Islamic Business Ethics. The results of the study revealed that the practice of buying and selling catfish seeds that occurred in Tawang, when viewed from the perspective of monotheism, actually fulfilled the pillars and requirements in buying and selling. In relation to Islamic business ethics, it is not heavy. However, in the process there is still fraud committed by buyers, namely weighing unfairly. The rest is in accordance with Islamic business ethics.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggito, Albi. Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Almanhaj, Jual Beli Jazaf (Tanpa Ditimbang Atau Ditakar), Menjual Hutang Dengan Hutang https://almanhaj.or.id/4034-jual-beli-jazaf-tanpa-ditimbang-atau-ditakar-menjual-hutang-dengan-hutang.html dikases pada 13 Januari 2020

Ariesyantoso. (2017). Tallaqi Rukban, https://ariesyantoso.wordpress.com/2017/08/08/tallaqi-rukban/ dikases pada 30 Jan-uari 2020

Basrowi. (2005). Pengantar Sosiologi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Djakfar, Muhammad. 2007. Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Malang: UIN Malang Press.

Djuwani, Dimyaudin. (2010). Pengantar Fiqh Muamalah. Jogjakarta : Pustaka Pelajar.

Gazali, Abdoel Rahman. (2010). Fiqh Muamalah. Jakarta : Kencana.

Hidir, Achmad, Arif Zunaidi, Petrus Jacob Pattiasina, Understanding Human Resources Management Strategy in Imple-menting Good Government Practice: What Research Evidence Say. IRJMIS: In-ternational research journal of management, IT and social sciences Vol. 8 No. 3 (2021): May https://doi.org/10.21744/irjmis.v8n3.1658

Harahap, Sofyan S. (2011). Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Jakarta: Salemba Empat.

Pengusahamuslim, Hukum Jual Beli: Juzaf (jual Beli Spekulatif) https://pengusahamuslim.com/77-hukum-jual-beli-juzaf-jual-beli-spekulatif. diakses pada 13 januari 2020.

Juwani, Dhimyaudin. (2010). Pengantar Fiqh Muamalah. Jogjakarta : Pustaka Pelajar.

Ramly, Ar Royyan. (2017). Analisis Jual Beli Modern Dalam Islam, http://jurnal.serambimekkah.ac.id/akad/article/view/240/234

Rozhalinda. 2016. Fikih Ekonomi Syariah. Jakarta : Grafindo Persada.

Sampurno, Wahyu Mijil. (2016). Penerapan etika bisnis Islam dan dampaknyaterhadap kemajuan bisnis industri rumah tangga. Sampurno, Journal of Islamic Economics Lariba. vol. 2, issue 1

Sumarin. 2013. Ekonomi Islam Sebuah Pendekatan Ekonomi Mikro Perspektif Islam. Jogjakarta : Graha Ilmu.

Suhendy, Hendy. (2002). Fiqh Muamalah. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Siswadi. (2013). Jual Beli Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ummul Qura Vol III, No. 2, Agustus.

Ummah, Diny Duratul. Ainul Churria Almalachim. (2019). Perilaku Etika Bisnis Pedagang Sayur Di Pasar Tradisional Mang-gisan Tanggul Perspektif Abu Hamid Muhammad Al-Ghazali. Fe-nomena, Vol. 18 No. 2. DOI: https://doi.org/10.35719/fenomena.v18i2

Zunaidi, Arif. Facrial Lailatul Maghfiroh. (2021). The Role Of Women In Improving The Family Economy. Dinar, Vol 8, No 1: Januari. DOI: https://doi.org/10.21107/dinar.v8i1.10581

Wahyunti, Sri. (2018). Praktik Jual Beli Ikan Dalam Perspektif Bisnissyariah (Studi Kasus Pasar Kore Kecamatansanggar Kabupaten Bima, Jurnal Esa, Vol. I No. 1 April

Downloads

Published

2021-09-09

How to Cite

Zunaidi, Arif, Elisa Fitri Febriani, and Jamaludin A Khalik. 2021. “TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA MEKANISME PENJUALAN BIBIT IKAN LELE SISTEM TIMBANGAN (Islamic Business Ethics Analysis in The Selling Mechanism of the Juvenile Catfish Weights System)”. Fenomena 20 (2):145 -64. https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.54.

Issue

Section

Articles