Problematika Dan Kebijakan Pendidikan Islam Sebuah Telaah Kritis

Authors

  • Ahmad Royani Manajemen Pendidikan Islam IAIN Jember
  • Abd Hamid Manajemen Pendidikan Islam INZAH Genggong Probolinggo
  • Mohamad Ahyar Ma’arif Manajemen Pendidikan Islam INZAH Genggong Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.35719/fenomena.v18i1.23

Keywords:

Problematika, Kebijakan Pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan Islam, sebelumnya hanya dipersepsi sebagai materi ajar, sekarang telah dipersepsi sebagai materi,sebagai institusi, sebagai kultur, dan sebagai system. Inilah yang sekarang tercermin dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan peraturan pemerintah secara operasional mengatur pelaksanaan undang-undang tersebut. Dengan demikian, maka peneyebutan istilah “pendidikan islam” bisa mencakup empat persepsi: pertama, pendidikan islam dalam pengertian materi; kedua, pendidikan islam dalam pengertian institusi; ketiga, pendidikan islam dalam pengertian budaya dan nilai-nilai, dan keempat, pendidikan islam dalam pengertian pendidikan yang islami. Oleh karenanya dalam konteks perubahan zaman, perkembangan institusi pendidikan islam tidak sepenuhnya bisa menghindar dari perubahan, sebagiman pondok pesntren, lembaga-lembaga islam juga mneganut prinsip “continuity and change” atau dalam bahasa pesantrennya disebut“ al-muhaadhah alal qadim ash-shalih wal akhdzu bil jaded al-ashlah”, intitusi pendidikan islam akan terus melakukan perubahan dan adopsi inovasi tetapi tetap mmepertahankan tradisi yang baik dan bermanfaat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrori S. Kartini, Etos Studi Kaum Santri (bandung: PT Mizan Pustaka, 2009)

Abd. Halim Soebahar, Kebijakan Pendidikan Islam; dari Ordonasi sampai UU sisdiknas, (Depok; Rajawali Press, 2013)

Abd. Halim Soebahar, Wawasan Baru Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 2002)

Abdurahman Mas’ud, Dkk., Dinamika Pesantren dan Madrasah, (Jakarta; Pustaka Pelajar, 2002)

Abdurrahmad Mas’ud, Dkk., Dinamika Pendidikajn Pesantren dan Madrasah ( Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002)

Abuddin Nata, M.A., Filsafat Pendidikan Islam, Cet. I, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1997)

Ahmad Hanafi, M.A., Pengantar Filsafat Islam, Cet. IV, (Bulan Bintang, Jakar-ta, 1990)

Ahmad Mustafa al-Maragi, Tafsir al-Maragi ( Mesir: Mustafa al-Babi al-Halabi, 1974)

Ahmad Tafsir., Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam., Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001)

Azra. Azyumardi. Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2002)

Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia (Jakarta: LP3ES, 2011).

Hitami, Munzir. Menggagas Kembali Pendidikan Islam. (Yogyakarta: Infinite Press, 2004)

Horikoshi, Hiroko, Kiai dan perubahan Sosial (Jakarta: P3M, 1987).

Jay, Robert, Relegius And Politics In Rural Java (New Haven; Yale Univer-sitPress, 1963)

Nur Uhbiyati., Ilmu Pendidikan Islam., (Bandung; CV. Pustaka Setia. 1998)

Steenbrink, Karel A. Pesantren, Madrasah, Sekolah; Pendidikan Islam dalam Kurun Moderen. Jakarta: LP3ES, 1994)

Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Teras, 2009)

Sulton dan Khusnuridlo. Manajemen Pondok Pesantren dalam Perspektif Glob-al. (Yogyakarta: Laksbang Pressindo, 2006)

Sunyoto Agus. 2012. Atlas Wali Songa. (Bandung: Pustaka IIMaN.2012)

Royani, Ahamd , Eksistensi Pendidikan pesantren dalam Arus perubahan, Jurnal Cendekia Vol 16 No 2 Tahun 2018, 375-395

Surya Darma Ali, Epistemologi Kajian Islam Indonesia Memperluas Horizon Kajian Islam, menjawab Tantangan perubahan (Malang: UIN Maliki Press, 2013)

Tafsir, Ahmad. Metodologi Pengajaran Agama Islam. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002)

Tim Permata Press, Undang-Undang Sisdiknas dan PP No 32 tentang peru-bahan standar nasional pendidikan (Jakarta: Permata Press, 2013)

Zuhairini. Dra, dkk., Filsafat Pendidikan Islam, Cet.II, (Jakarta; Bumi Aksara, 1995.)

Downloads

Published

2019-04-19

How to Cite

Royani, Ahmad, Abd Hamid, and Mohamad Ahyar Ma’arif. 2019. “Problematika Dan Kebijakan Pendidikan Islam Sebuah Telaah Kritis ”. Fenomena 18 (1):107 -24. https://doi.org/10.35719/fenomena.v18i1.23.

Issue

Section

Articles